Segala macam info dan berita tentang studi di kota Madinah dan Ikatan Keluaga Pondok Modern Gontor Cab. Madinah

Minggu, 22 Oktober 2023

Pembekalan Pendaftaran S2 untuk Warga IKPM Madinah


Suasana acara pembekalan untuk pendaftaran S2 

Madinah - Ikatan Keluarga Pondok Modern Darussalam Gontor cabang Madinah mengadakan pengarahan untuk seluruh anggota IKPM yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang magister (S2). Agenda ini diadakan pada hari Sabtu, 6 Rabiut-Tsani 1445/21 Oktober 2023 dan bertempat di salah satu asrama Universitas Islam Madinah. 

Acara pengarahan ini langsung diisi oleh perwakilan dari asatidzah dirasat ulya IKPM; Al-Ustadz Riza Hamid, B.A. dan Al-Ustadz Fazlurrahman Muhammad, B.A., dan dihadiri oleh anggota IKPM Madinah. 

Pembukaan acara.

Acara dibuka oleh sambutan dari perwakilan divisi Pendidikan dan Dakwah seraya menyinggung beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memilih jurusan untuk studi S2 di Universitas Islam Madinah:

1. Raghbah (sesuai dengan yang kita inginkan dan jangan sampai muncul kata-kata salah memilih dalam jurusan)
2. Qudrah (sesuai kemampuan kita)
3. Hajah (sesuai yang dibutuhkan oleh masyarakat)
4. Fursoh (Sesuai dengan kesempatan yang ada)

-         

Anggota IKPM Madinah menyimak pemaparan para pemateri

Acara kemudian dilanjutkan oleh Al-Ustadz Riza Hamid, B.A., dan beliau menyampaikan beberapa pesan dan teknis pendafaran, di antaranya:

1. Peraturan yang ada di kampus berbeda tiap tahunnya. Maka harus selalu update kabar dengan melihat akun twitter imadah dirasat ulya. Contohnya adalah nilai ujian qudrat (qiyas) yang dibutuhkan. Batas minimum yang dibutuhkan dahulu adalah 60, sedangkan tahun berikutnya dibutuhkan nilai 65.

 2. Pendaftaran S2 itu dimulai dengan daftar ujian qiyas. Ketika kita segera daftar maka kita akan segera menyiapkan diri untuk ujian S2 ini.

-         3. Nilai ujian qiyas ini bisa dipakai hingga 5 tahun, dan menjadi syarat pertama dalam mengikuti ujian S2.

-         4. Mulai dari tahun lalu, kampus sudah tidak menggunakan nidzom jinsiyah -pemberian kuota bagi setiap negara-. Sehingga saat ini diambil yang paling unggul dari semua negara. Namun bisa jadi peraturan ini akan dirubah lagi. Untuk itu, nilai kita harus lebih tinggi dan persiapannya juga harus lebih matang. 

      Kemudian acara dilanjutkan oleh pesan dan penjelasan teknis dari Al-Ustadz Fazlurrahman Muhammad, B.A., poin yang disampaikan di antaranya:

-          1. Usahakan memilih program studi yang tepat untuk S2 ini, dan usahakan untuk memilih jurusan yang  linear. 

-          2. Walaupun belum ada info resmi, tetap bisa kita duga bahwasannya ujian tahun ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Maka bisa untuk mencicil persiapan dan belajar dari sekarang. Juga sangat disarankan untuk segera mendaftar ujian qiyas, karena semangat untuk belajar akan terpacu jika sudah mendaftar. Modul/materi persiapan ujian qiyas bisa didapatkan di channel telegram atau di khidmah tolib. Bisa juga dengan membeli buku premium di toko buku Jarir atau yang semacamnya, walaupun memang di lapangan, materi yang diujikan lebih sering berasal dari soal-soal yang ada di channel telegram dan mudzakirah dari khidmah tolib.

-          3. Ada kata-kata hikmah: "KALAU KITA PUNYA CITA-CITA, MAKA TULISLAH!!! DAN USAHAKANLAH TULISLAH DENGAN DETAIL!!! Karena tulisan kita adalah doa dan harapan yang kita tabung. Jangan lupa juga untuk memperbanyak tirakat, karena memang ujian ini adalah perjuangan. Dan hal yang tidak diperjuangkan, tidak akan dimenangkan.

-          4. Beberapa program studi di S2 ada yang sudah memakai bahs takhorruj (mini tesis) untuk tugas akhirnya. Salah satu perbedaannya adalah dalam masa studinya; untuk yang telah menggunakan nidzam bahs takhorruj, maka masa studinya sekitar 2-2,5 tahun, dan tidak seperti nidzam lama yang masa studinya sekitar 3-4 tahun.

-          5. Proses memang penting, namun hasil juga tidak kalah penting. Usahakan untuk memaksimalkan nilai studi kita dari sekarang. Karena jika nilai kita mumtaz dari sekarang, maka hal tersebut akan memudahkan kita di langkah selanjutnya.

-          6. Perlu adanya wawasan tentang kisi-kisi materi yang akan diujikan ketika ujian nanti. Hal ini bisa kita tanyakan ke senior-senior yang ada atau ke dosen-dosen kita. Sehingga kita bisa mulai untuk mencicil belajar materi tersebut dari sekarang.

-          7. Hasil ditentukan sejak kita merencanakan. Ketika kita gagal merencanakan, maka itu sama seperti merencanakan untuk gagal.

-          8. Kesempatan pendaftaran S2 hanya sekali, maka harus memaksimalkan kesempatan yang ada. Kalaulah laa qadarallah  kita tidak diterima di S2, maka biasanya masih ada kesempatan untuk mendaftar di program diplom ali. Dan tidak masalah jika ingin pindah jurusan (dengan ikut program diplom tersebut), namun tentunya dengan mempertimbangkan poin-poin yang sudah disebutkan sebelumnya, khusunya qudrah kita.   

-          9. Setidaknya ada dua ujian besar yang harus dilewati untuk bisa masuk ke program S2 :

Pertama: Ujian Qiyas, dengan jumlah soal 100 butir yang harus dikerjakan dalam waktu 120 menit. Dan kesalahan yang sering terjadi adalah ketika kita terlalu menghabiskan waktu, terjebak untuk menyelesaikan satu soal. Strategi yang tepat adalah dengan melewati soal yang sulit agar bisa fokus untuk menjawab soal-soal lainnya. Karena ujian ini bertumpu pada 2 hal: kecepatan dan ketepatan. Bentuk soalnya hampir sama dengan tes potensi akademik yang ada di Indonesia (logika dan matematika dasar, reading comprehensive, dan semacamnya). Salah satu cara terbaik untuk bersiap adalah dengan memperbanyak latihan soal dari modul yang sudah disebutkan sebelumnya.

Kedua: Ujian Tahsili di prodi yang akan dituju. Untuk waktu dan tata caranya akan dijelaskan dalam guide  (dalil) yang akan diterbitkan oleh imadah dirasat 'ulyaSoalnya kebanyakan berbentuk pilihan ganda.

-          10. Selain mempelajari kitab, usahakan juga belajar dari latihan soal, agar kita tahu pola soal yang kiranya akan diujikan. Insya Allah jika kita mencari, akan ada beberapa website atau modul yang menyediakan latihan soal dan jawabannya. 

-          11. Ma'ayir (kriteria) penilaian dalam penerimaan biasanya tertumpu pada 3 hal: IPK, ujian Tahsili dan ujian Qiyas. Namun biasanya akan ada perbedaan presentase setiap tahunnya, sesuai dengan guide yang diterbitkan oleh imadah dirasat ulya    

Perfotoan bersama setelah selesai acara

            Acara kemudian ditutup dengan perfotoan bersama. Semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi para anggota IKPM serta menjadi wasilah yang memudahkan mereka dalam meniti jenjang yang mereka harapkan dan cita-citakan. Amin ya Rabbal Alamin. (Miftah)









Share:

2 komentar:

  1. Barakallah fiikum

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum boleh minta no contac ikpm Madinah?

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda!


Official Website Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Madinah, Saudi Arabia. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Pembekalan Pendaftaran S2 untuk Warga IKPM Madinah

Suasana acara pembekalan untuk pendaftaran S2  Madinah - Ikatan Keluarga Pondok Modern Darussalam Gontor cabang Madinah mengadakan pengaraha...